Upacara Minum Teh Jepang

Rakuten.co.id: Toko online murah, serba ada Barang unik Jepang selain menjual tas yang berbagai macam jenisnya (lihat juga Tips Memakai Tas yang Sehat) kini juga menjual beberapa jenis teh seperti teh hijau/ green tea yang sangat identik dengan Jepang, bahkan ada juga dijual alat untuk meramu teh yang akan sangat cocok bagi mereka pecinta teh.

Teh memang indentik dengan jepang. Upacara teh adalah seni/ritual menyiapkan dan menyajikan teh hijau (matcha). Biasanya disajikan bersama kue manis (okashi) sebagai pendampingnya untuk menyeimbangkan rasa pahit matcha. Upacara ini sudah dikenal pada bad 15-16 dengan berbagai aliran. Salah satunya dalah Uransenke yang dipopulerkan oleh Master Sen-No Rikyu. Untuk upacara minum tehmendapatkan gelar master harus merupakan sertifikasi dari keluarga Sen-No rikyu.

Dalam penyajian ini, setiap gerakan mengandung filosofinya sendiri. Saat teh ataupun kue disajikan kita harus menundukkan kepala untuk menunjukkan rasa terima kasih dan penghormatan pada tuan rumah. Begitu teh disajikan para tamu harus langsung meminumnya dalam sekali teguk dan cara minumnya pun ada tata caranya sendiri.

Untuk kue pendampingnya, yaitu okashi disajikan tergantung pada aliran upacara teh tersebut, bisa disajikan di awal atau setelah teh disajikan. Kue ini juga semuanya akan berbeda-beda tergantung musimnya.

Nah, pastinya kita yang belum bisa merasakan upacara minum teh secara langsung di Negara sakura itu kini bisa juga loh kita beli teh yang asli dari Jepang yang dengan mudahnya kita beli di Rakuten.

Bila kurang puas dengan ini, bisa juga kita pergi langsung ke negara Sakura ini dan langsung menuju ke rumah seorang master teh di kota Sakai, jepang. Rumah ini diberi nama Shin An yang terletak di kawasan Daisen Park, sekitar 10 kilometer dari pusat kota Sakai. Sang master sendiri yang bernama Satoho ohigashi ini adalah seorang master teh bersertifikat setelah selama 20 tahun belajar dari gurunya yang bernama kuroiwa.

Tidak perlu khawatir mengunjungi tempat ini karena ternyata Shin An ini cukup populer dan cukup banyak dikunjungi oleh turis lokan maupun internasional yang ingin belajar cara meminum teh dalam upacara khusus. Shin An ini sudah berusia 83 tahun dan merupakan kebanggan bagi masyarakat Sakai karena menjadi pusat pembelajaran upacara minum teh yang sangat terkenal.

Tertarik belajar upacara minum teh ini?

(mew)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s