ASI Eksklusif Cegah Diare dan Pneumonia Pada Bayi

Meningkatkan ASI guna dapat memberikan ASI ekslusif pada bayi ternyata dapat menekan kematian bayi akibat sakit diare dan pneumonia (radang paru-paru).

Menurut Kepala Perwakilan UNICEF Indonesia Angela Kearney pemberian ASI eksklusif dapat mencegah penyakit seperti diare dan pneumonia yang 40 persen menjadi penyebab kematian balita di Indonesia. Menurut dia, kebijakan nasional yang kuat untuk mendorong para ibu menyusui dan meningkatkan gizi keluarga, dapat mencegah kematian sekitar 20.000 anak balita di Indonesia setiap tahun.

Data di Indonesia tingkat pemberian ASI eksklusif dalam enam bulan pertama seorang bayi, berangsur-angsur menurun dari 40 persen pada 2002 dan 32 persen pada 2007.

Berkaitan dengan hal tersebut, upaya pemerintah Indonesia meningkatkan angka ibu menyusui, termasuk peraturan kesehatan baru yang melarang promosi pengganti ASI dan telah diformalkannya hak perempuan untuk menyusui dinilai sebagai langkah maju dan progresif.

“Pemerintah Indonesia juga memainkan peran utama dalam inisiatif “Global Scaling Up Nutrition” atau peningkatan gizi global,” katanya.

Dalam hal ini, lanjut dia, pemerintah telah berfokus pada peningkatan alokasi keuangan, kebijakan yang lebih terkoordinasi dan memperkuat keahlian teknis untuk meningkatkan gizi anak bersama dengan mitra internasional di antaranya Uni Eropa dan Bank Dunia.

Menurut dia, peran serta semua pihak dalam menyosialisasikan dan mendorong setiap ibu yang telah melahirkan untuk menyusui secara eksklusif, sangatlah penting.

“Karena itu, semua profesional kesehatan, pekerja komunitas dan pemimpin harus mempromosikan, mendukung dan melindungi pemberian ASI eksklusif dan gizi yang baik dalam komunitas mereka,” katanya.

 

Sumber data: Sehatnews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s