Dibalik Romantisme Menara Eiffel

Siapa yang tidak tahu mengenai menara Eiffel? Menara yang dirancang Gustave Eiffel dalam rangka pekan Pameran Dunia dan perayaan Revolusi Perancis, dan  diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889 (Wikipedia). Meskipun kecaman dan protes yang keras dari penduduk Paris dan kalangan intelektual selama dibangun, kerangka besi ini menjadi simbol kota Paris dan menarik lebih dari 6 juta pengunjung setiap tahun dan menjadi menu wajib paket tour travel setiap negara.

Namun menara Eiffel tidaklah menawarkan keindahannya saja, karena ternyata banyak kisah tragis terjadi di menara ini. Kematian pertama terjadi 1911, 22 tahun setelah menara dibuka untuk umum. Sang korban Frantz Reichelt nekat terjun untuk menguji jubbah yang diyakininya bisa membuatnya terbang, yang terakhir tahun 2009 seorang gadis 18 tahun dari Brazil melompat dari lantai satu menara, sebelum menabrak restoran Altitude 95. Setidaknya ada 341 kasus bunuh diri yang dilakukan di menara Eiffel.

Setelah beberapa tahun belakangan setiap pencobaan bunuh diri dapat dicegah oleh oleh manajemen menara Eiffel., tapi insiden bunuh diri kali ini seperti kecolongan ketika seorang turis pria (25 tahun) dari Israel memanjat puncak menara dan menjatuhkan diri.

Seperti yang dilansir dalam vivanews, Polisi mengosongkan dan menutup area Eiffel setelah pria itu terlihat memanjat menara setinggi 325 meter itu sekitar pukul 23.30 malam waktu setempat.  Ia lolos dari penjagaan keamanan dan hampir mencapai puncak menara bersejarah itu, sebelum akhirnya menjatuhkan diri.

Sebelum horor terjadi, pemadam kebakaran telah berusaha meminta korban turun, tapi gagal. “Pria itu diperkirakan melompat dari ketinggian 1.000 kaki atau 305 meter,” kata juru bicara brigade pemadam kebakaran, Frederic Grosjean, seperti dimuat Daily Mail.

Sementara, sumber kepolisian Prancis mengatakan, pelaku memanjat pilar menara bagian Barat setelah pukul 23.30 waktu setempat. Saat itu Eiffel masih ditutup untuk umum.

“Ia mendekati lantai ketiga, level menara tertinggi saat pasukan penyelamat memanjat, mendekatinya, dan mencoba mengajak bicara,” kata dia. “Ada saat di mana negosiasi berlangsung sangat tegang dan emosional, namun usaha untuk membujuknya turun gagal. Ia justru melompat, tubuhnya terhempas di lantai dua menara. Korban meninggal sesaat lepas tengah malam.” Semua daya dan upaya telah dilakukan untuk menyelamatkannya.

menara eiffel

menara eiffel

Meski insiden terjadi, Eiffel tetap buka Senin pagi. Yang menakutkan, pagi itu seorang perempuan berusia 30 tahun mencoba untuk meniru aksi bunuh diri malam sebelumnya. Ia mencoba untuk melompat dari tingkat pertama menara.

Aparat keamanan yang sigap dan tak mau lagi kecolongan berhasil menangkap punggungnya, dan mengangkatnya dengan helikopter. Ia langsung dibawa ke rumah sakit terdekat untuk menjalani uji kejiwaan.

Sumber di manajemen mengatakan, pihaknya telah mencoba untuk menghentikan upaya bunuh diri, termasuk dengan memasang pagar pembatas dan jaring pengaman. Tragis memang.(Mew)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s